Cara Instal Aplikasi di Android

Bookmark and Share
Pada posting kali ini saya akan membahas mengenai bagaimana cara menginstall aplikasi android. Hmm, btw dah lama banget saya ga update blog ini. Karena kesibukan didunia offline dan hanya mengurus blog-blog perampok dollar jadi blog ini sedikit terlupakan. Ga papa lah, mudah-mudahan saya masih bisa tetap ada waktu untuk update blog ini. Udah ah basa-basinya, langsung aja ya.. Android adalah salah satu platform ponsel paling menjanjikan saat ini. Di Tahun 2010, tak kurang 20 ponsel Android berbagia merek akan tersedia di pasar. Salah satu fitur terbaik dari OS Android adalah ketersediaan aplikasi pihak ketiga.

Ada dua cara untuk menginstal aplikasi pihak ketiga pada ponsel berbasis Android Anda:

Cara pertama adalah dengan menginstal aplikasi melalui Android Market.
Sedangkan Cara kedua adalah menginstal aplikasi secara manual menggunakan SDK Android di ponsel Anda.

Melalui Android Market

Aplikasi yang didapat dari market biasanya langsung dap[at diinstal secara otomatis melalui Android MArket. Namun, ada juga beberapa pengembang yang menyediakan apliaksi untuk didownload tak hanya melalui market, tapi juga melalui web.
Aplikasinya biasanya berekstensi .apk


Untuk menginstal aplikasi APK pada Anda Android Telepon lakukan hal berikut:

1. Salin file APK yang Anda dapat dari download atau web ke kartu memori Android Anda.
2. Masuklah ke menu Android Market cari Apps Installer application.
3. Buka dan klik pada tombol Install.
4. Setelah diinstal, silakan buka aplikasi tersebut. akan tertampil semua file yang tersimpan APK langsung di root direktori kartu memori Anda.
5. Cukup klik pada aplikasi yang telah Anda taruh di memori card instal untuk mengisntalnya.

[b]Menggunakan SDK Android[/b]

Ada satu metode lain yang dapat digunakan. Anda dapat menginstal file APK ke dalam telepon Anda menggunakan SDK Android. Silakan download SDK Android di http://developer.android.com/sdk/index.html

Pertama-tama, instal SDK Android pada komputer Anda. Anda juga perlu menginstal driver Android SDK USB untuk menghubungkan ke ponsel Anda melalui USB. Driver USB bisa diwonload dari sini - http://developer.android.com/sdk/win-usb.html

Untuk menginstal aplikasi dari sumber lain, Anda juga perlu pergi ke Settings -> Application Settings and enable Unknown Sources. Also go to Settings -> SD Card and Phone Storage -> Disable Use for USB Storage. Anda dapat mengaktifkannya lagi nanti.

Selanjutnya, buka Command Prompt lalu ketik: aadb install path/file.apk

dimana path adalah lokasi penyimpanan file APK Anda dan file.apk merupakan nama instaler aplikasi yang hendak diinstal. Jika sukses, aplikasi Anda sekarang sudah terinstal.

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment